Minggu

10 Tanaman Hias Penyegar Ruangan

Menghias rumah sepertinya tidak ada habisnya. Ada saja barang-barang yang kita beli untuk mempercantik ruang tamu, kamar tidur, sampai dapur. Salah satu hiasan yang sedang digemari adalah tanaman hidup.
Saat ini, tanaman tidak hanya digunakan sebagai hiasan di luar rumah. Beberapa orang memilih tanaman sebagai hiasan di dalam rumah (indoor plants). Ada banyak manfaat jika kita menaruh tanaman hidup dalam ruangan, di antaranya memberikan kesejukan pada ruangan. Ada juga jenis indoor plants yang memberikan aroma wangi.
"Warnanya yang cerah membuat indoor plants disukai. Tanaman indoor plants tidak memakan banyak lahan karena tanaman ini hanya butuh pot. Jenis potnya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda," ungkap Vivien Pramandha, pemerhati tanaman hias yang memiliki gerai tanaman hias di kawasan Ragunan, Jakarta.
Ada dua jenis tanaman hias, yakni tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Tanaman hias daun misalnya anthurium, aglonema, dan sanseviera, sementara tanaman bunga misalnya anggrek, mawar, dan adenium.
Fungsi tanaman hias sangat beragam. Tanaman hias daun biasanya diletakkan di sudut ruang tamu yang bertujuan memberi kesan asri sekaligus sebagai pembatas ruangan. Berbeda dengan hiasan bunga yang sering digunakan sebagai pemanis ruangan. Tanaman yang bercorak unik bisa menjadi pilihan untuk mempercantik ruang tamu Anda.
"Cara perawatan indoor plants sangat mudah, hanya membutuhkan cahaya matahari yang tidak banyak, temperatur sedang, dan dibutuhkan ketelatenan dalam merawat tanaman hias. Pasalnya, jika tidak dirawat dengan benar, tanaman ini akan mati. Cukup dilakukan minimal dua minggu sekali," ujar dia.
Linda Bregmant, peneliti NASA, mengatakan ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa dijadikan senjata ampuh untuk melawan polusi udara dan menjadikan udara di ruangan lebih bersih. Berikut beberapa di antaranya.
1. Peace Lily
Tanaman hias ini sangat bagus untuk membersihkan udara. Tanaman ini juga sering dikenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida, yakni zat kimia yang terdapat pada rokok. Perawatan tanaman ini sangat mudah, hanya perlu memperhatikan penempatannya. Tanaman ini menbutuhkan cahaya dan kelembapan tinggi agar tumbuh subur. Perawatan untuk daunnya hanya perlu sering disemprot air hangat agar tetap tumbuh sehat.
2. Pakis Boston
Tanaman yang satu ini memunyai ciri yang spesifik. Setiap helai daunnya memiliki beberapa helai lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai sehingga sangat mudah mengenali tanaman ini. Selain warnanya yang cerah, tanaman ini menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehida dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat. Tanaman ini biasanya diletakkan pada sudut ruangan.
3. Palem Kuning
Dalam bahasa Latin, palem kuning disebut Areca palm. Ini merupakan jenis tanaman rumah dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 1–6 meter. Peletakan tanaman ini harus pada tempat yang lembap agar tidak rusak meski pada dasarnya palem kuning bisa disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru divernis. Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehida.
4. Karet Hias
Karet hias adalah salah satu tanaman yang kegunaannya menyerap formaldehida dan menghasilkan oksigen. Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. Oleh karena itu, tanaman yang satu ini juga dikenal dengan sebutan rubber plant. Karet hias sebaiknya tidak ditaruh di tempat yang terlalu terang, terutama di bawah sinar matahari. Tempatkan dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar.
5. Dracaena Deremensis
Tanaman ini mudah dirawat dan memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Dracaena bisa beradaptasi di area dengan cahaya rendah jika penyiraman airnya dikurangi. Jaga tanah dalam pot tetap lembap dan sering-sering menyemprotnya dengan air hangat. Potong bila ada daun-daun yang mati untuk memberi ruang tumbuhnya daun baru.
6. Anthurium
Secara umum, anthurium dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat, terutama dari bentuk-bentuk daunnya yang istimewa. Sementara anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga yang dihasilkan dari hibrid maupun spesies.
Anthurium termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Umumnya tanaman ini hidup secara epifit dan menempel di batang pohon. Dapat juga hidup secara terestrial di dasar hutan. Khusus untuk tanaman hias dalam ruangan, anthurium bisa juga ditempatkan pada pot dengan media tumbuh tanah, atau lapukan kayu.
7. Begonia
Begonia adalah tanaman yang berbunga abadi dan masuk klasifikasi Begoniaceae. Tanaman ini biasanya tumbuh secara terestrial dan kadang-kadang menjadi epifit pada iklim lembap di kawasan subtropis dan tropis di Amerika Selatan dan Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.
Saat ini, begonia banyak dikembangkan menjadi tanaman hias dalam ruangan. Terbukti dengan keindahan bunganya yang abadi membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman favorit yang dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan.
8. Anggrek
Anggrek adalah salah satu tanaman hias yang dikenal dengan beragam jenis dan tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika.
Sebagai tanaman penghias ruangan, anggrek dapat ditanam dalam pot dan ditempatkan di dalam ruangan.
9. Adiantum
Adiantum atau yang umum dikenal dengan nama suplir adalah tumbuhan paku-pakuan yang tidak menghasilkan bunga dalam daur hidupnya. Perbanyakan generatif adiantum biasanya dilakukan dengan spora yang terletak pada sisi bawah daun bagian tepi tanaman yang sudah dewasa.
Meski tidak menghasilkan bunga, keberadaan daun adiantum yang menarik membuat tanaman ini sering dijadikan tanaman hias dalam ruangan.
10. Rhapis Excelsa
Rhapis excelsa merupakan jenis palem yang tidak mudah rusak dan bisa beradaptasi di hampir setiap kondisi suhu maupun cahaya. Rhapis juga termasuk tanaman yang mudah dipelihara, tapi pertumbuhannya lambat.

Kamu sedang membaca artikel tentang 10 Tanaman Hias Penyegar Ruangan Silahkan baca artikel Tanaman Indonesia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link 10 Tanaman Hias Penyegar Ruangan Sebagai sumbernya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tanaman Indonesia

1 komentar:

  1. tanaman hias selain indah emg bsa sebagai penyegar ruangan jg...!!!
    jadi rindang & sejuk dech...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mita Bibit