Minggu

10 Tanaman Hias Pembersih Udara Anti Polutan

Beberapa jenis tanaman tertentu bisa melindungi Anda dan keluarga dari bahaya polutan rumah. Perlu Anda tahu, pencemaran udara tidak hanya mengancam kesehatan saat kita di luar, tapi juga di dalam rumah. Ada beberapa jenis gas udara yang berbahaya (polutan) yang betah bersarang di dalam ruangan dan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Tidak hanya di dalam rumah, tapi juga gedung dan perkantoran.

Ada tiga racun utama (benzene, trichloroethylene and formaldehyde) yang mengakibatkan masalah kesehatan yang serius seperti asma, kanker, berbagai alergi.

Penelitian dari NASA dan Associated Landscape Contractors of America (ALKA) menemukan berbagai macam tanaman hias yang membuat udara bersih dan menjaga kelembaban dalam ruangan. Tanaman ini juga sebagai penyerap polutan udara yang dapat diandalkan.

Ini dia jenis tanaman hias ‘penyedot’ racun yang bisa Anda tempatkan di rumah.


1. Spider Plant (Chlorophytum comosum)


Tanaman hias seperti rumputan dengan daun panjang, Chlorophytum comosum juga merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat. Menghilangkan gas beracun serta pengotor lain seperti formalin dan xylene. Efektif di tempatkan di dapur atau dekat perapian, tempat dimana karbon monooksida terakumulasi banyak.

2. Boston fern (Nephrolepsis exaltata bostoniensis)


Tanaman eksotis yang anggun dengan daun melengkung dan berjumbai, Pakis Boston juga bertindak sebagai humidifier alami. Pakis Boston tumbuh di bawah sinar matahari intensitas rendah dan dalam kondisi lembab. Dengan melepaskan kelembaban ke udara, mereka menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena, dan menyediakan udara bersih di dalam rumah.

3. English Ivy (Hedera helix)


Meskipun daunnya beracun, Hedera helix sangat populer dan paling cocok untuk pasien dengan kondisi sakit asma dan alergi. Mudah tumbuh di bawah sinar matahari cerah, tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa menghilangkan benzena, formaldehida serta berbagai bahan kimia gas beracun yang dikeluarkan oleh bahan sintetis. Sering ditanam di sekitar bangunan pabrik bahan sintetis.

4. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)


Tumbuhan ini sangat sensitif dengan daun berbulu, dikenal sebagai humidifier. Bisa di tanam di daerah di mana mengalami musim dingin ekstrem. Meskipun tanaman tumbuh lambat dan membutuhkan perawatan sepanjang tahun, dapat disimpan di mana saja di rumah, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis atau di ruangan berkarpet. Tanaman hias ini membantu menghilangkan racun mematikan seperti formalin dan xilena.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)


Juga dikenal sebagai Devil’s Ivy atau Silver Vine, Epipremnum aureum adalah tanaman yang sangat invasif. Dengan daun hijau dan batang menjalar.Sangat efisien dalam menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehid, benzena dan xilena. Tanaman ini beracun bagi hewan kecil dan di jauhkan dari jangkauan anak kecil atau hewan piaraan

6. Aloe Vera (Aloe barbadensis)


Kita semua tahu bahwa lidah buaya hadir dalam banyak produk perawatan kulit dan rambut. Tidak hanya membantu perawatan kulit, tanaman ini juga digunakan untuk menyaring emisi gas dari bahan beracun yang berbahaya. Diklaim memiliki banyak kasiat sebagai tanaman obat. Tanaman luar biasa ini juga dapat ditanam sebagai tanaman hias di halaman.

7. Chinese Evergreen (aglaonema modestum)


Merupakan tanaman pembersih udara yang sangat baik, aglaonema modestumadalah tanaman herba rumpun yang mudah beranak. Tanaman hias dengan daun hijau indah mengkilap. Dapat tumbuh di bawah cahaya minimum maupun di media dengan kadar air seadanya. Tanaman ini menyaring racun udara seperti benzena dan formaldehid.

8. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)


Banyak digunakan sebagai tanaman hias, Sansevieria trifasciata merupakan tanaman tahan musim dan dapat hidup dengan air minimum. Para ilmuwan di NASA telah menemukan bahwa tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap formaldehid, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara.

9. Marginata (Dracaena marginata)


Seseorang tidak dapat mengabaikan keindahan marginata, tanaman yang memiliki daun tipis glossy dengan tepi merah. Tanaman hias yang sangat dikenal berbunga lambat, mudah tumbuh di lingkungan mana saja. Tidak hanya menghilangkan formalin dan benzene dari udara, tetapi juga mampu menyaring racun lain yang hadir di sana. Namun, perawatan yang tepat harus diambil saat menempatkan tanaman di dalam ruangan , karena bisa menjadi racun bagi anjing.

10. Peace Lily (Spathiphyllum)


Tanaman hias utama adalah Peace Lily, paling dikenal untuk mengurangi racun dalam ruangan yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Perawatan tanaman ini mudah. Tanaman ini dapat menghilangkan polutan berbahaya, menghilangkan benzena dan formaldehid di rumah.

Kamu sedang membaca artikel tentang 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Anti Polutan Silahkan baca artikel Tanaman Indonesia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Anti Polutan Sebagai sumbernya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tanaman Indonesia

2 komentar:

  1. Halo pecinta tanaman terutama website indotanam.blogspot.com. Ada cara lain bagi kita yg tinggal di kota besar dengan rumah yang tidak begitu luas seperti apartement. Ketidakadaan tanaman hijau bukan berarti kita tidak dapat menghirup udara segar. Adanya alat pembersih udara atau air purifier bisa membuat kita bernafas lega. ALat ini bisa mengangkat polutan yang kasat mata sampai 0,1 mikron sampai 99,97%. Bahkan ada yang dilengkapi dengan filter smoke stop dengan filter active carbon dapat menyerap bau/asap rokok dan gas-gas bahaya lainnya. Jangan lupa memilih alat pembersih udara yang sudah teruji oleh badan independent seperti aham.org dan cadr.org. untuk referensi bisa kunjungi ahamdir.com. pilihlah pembersih udara dengan nilai cadr (tingkat udara bersih yang dihasilkan per m3/jam) tertinggi.

    BalasHapus
  2. Que punya no. 1, 6, 8 & 10...
    ternyata bsa menghilangkan polutan yaa...!!!:)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mita Bibit